Total Tayangan Halaman

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Rabu, 08 Mei 2013

PCB + Silver Nitrat (Perak) = Bersih coy


Bagi para pecinta dunia elektronika, pasti memiliki kendala didalam proses pembuatan PCB, kendala bermacam-maca mulai dari cara pembuatan hingga pendesainan layout PCB yang dibuat harus semaksimal mungkin,untuk saat ini jasa pembuatan PCB telah banyak sekali, dan harga juga relatif murah jikalau pemesanan dalam jumlah banyak.
sering kali kita lihat ada jalur PCB yang berwarna perak, tapi tahukan sobat bagaimana cara membuatnya ??
oke kali ini mekarobot akan memberikan sedikit ulasan cara melapisi layout PCB agar menjadi warna perak. seperti gambar dibawah ini sob..
 

bahan yang diperlukan:
1. Kapas / Tisu
2. Jalur PCB yang telah jadi
3. Amplas / stealwool
4. Hairdryer

berikut langkah2 nya:
1. bersihkan lapisan tembaga yang menempel pada jalur PCB sobat dengan amplas halus atau dengan stealwool
2. kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran tersebut dengan tisu atau kapas.
3. langkah selanjutnya, tuang cairan silver nitrat diatas tisu yang bersih, secukupnya memingat harga silver nitrat yang lumayan mahal sob.
4. oleskan tisu yang telah di beri silver nitrat tersebut ke jalur PCB yang telah dibersihkan tadi.usap perlahan maka dengan seketika warna tembaga PCB akan berubah menjadi warna perak.
5. setelah itu keringkan PCB dengan mengunakan pemanas hairdryer kalau tidak ada cukup jemur dibawah panas terik matahari.
6. Tisu yang telah kena cairan silver nitrat jagan dibuang sembarangan sob, berbahaya so lebih baik disimpan di kantong yang plastik transparan untuk dipakai lagi pada PCB yang lain.(ngirit sob)
note* :
bagi sobat-sobat diarea kawasan Kota Malang (JATIM) pembelian silver nitrat dapat dibeli di toko kimia dengan Splindit...arah jalan dari bundara walikota ke arah gramedia.untuk 100ml di bandrol harga Rp.100.000,-, tepi tenang sob sob juga bisa beli setengah nya n yang jelas dari 2 tahun yang lalu beli 100ml silver sampe sekarang masih ada. maklum ngirit coy..
ketika PCB sobat telah dilapisi dengan lapiran perak tidak ada salahnya untuk melapisi nya dengan lapisan khusus seperti postingan ane disini.
kenapa harus dilapisi lagi, kan sudah dilapisi perak??? benar sob...ada kalanya untuk waktu yang lama dengan tingkat kelembaban tinggi maka PCB yang telah dilapisi dengan perak akan berubah menjadi warna hijau dikarenak kontaminasi atara udara dengan PCB (tembaga).



sebelumnya saya minta maaf jika tejadi kesalahan didalam tutorial yang dibuat...tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis didalam pembuatan PCB. bagi para master2 elektronika monggo dikoreksi atau mungkin ada masukan lain cara melapisi PCB dengan lapisan silver nitrat
courtesy: http://mekatronika-corner.blogspot.com

1 komentar: