Total Tayangan Halaman

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Kamis, 24 Januari 2013

12V battrey meter

 








This circuit makes it posible to monitor the charging process to a higher level. Final adjustsments are simple and the only thing needed is a digital voltmeter for the necessary accuracy. Connect an input voltage of 12.65 volt between the positive and negative poles and adjust the 10K trimmer potentiometer until Led 10 lights up. Lower the voltage and in sequence all other Led's will light up. Check that Led 1 lights up at approximately 11.89 volts.

At 12.65 volt and higher the battery is fully charged, and at 11.89 is considered 'empty'. This circuit, with the components shown, uses less than 10mA. Ofcourse you can adapt this circuit to your own needs by making small modifications. The circuits above is set for 'DOT' mode, meaning only one Led at a time will be lit. If you wish to use the 'BAR' mode, then connect pin 9 to the positive supply rail, but obviously with increased current consumption. The LED brightness can be adjusted up- or down by choosing a different value for the 4K7 resistor connected at pin 6/7.










Sirkuit ini membuat posible untuk memantau proses pengisian ke tingkat yang lebih tinggi. Adjustsments akhir sederhana dan satu-satunya hal yang dibutuhkan adalah voltmeter digital untuk akurasi yang diperlukan. Hubungkan tegangan input dari 12,65 volt antara kutub positif dan negatif dan menyesuaikan potensiometer pemangkas 10K sampai 10 Led menyala. Turunkan tegangan dan dalam urutan semua yang lainnya Led akan menyala. Periksa Led 1 menyala di sekitar 11,89 volt.

Pada 12,65 volt dan lebih tinggi baterai terisi penuh, dan pada 11,89 dianggap 'kosong'. Sirkuit ini, dengan komponen yang ditampilkan, menggunakan kurang dari 10mA. Tentu Anda dapat menyesuaikan sirkuit ini untuk kebutuhan Anda sendiri dengan membuat modifikasi kecil. Rangkaian di atas diatur untuk mode 'DOT', yang berarti hanya satu Dipimpin pada suatu waktu akan menyala. Jika Anda ingin menggunakan mode 'BAR', kemudian hubungkan pin 9 ke rel pasokan positif, tapi jelas dengan konsumsi saat ini meningkat. Kecerahan LED dapat disesuaikan up-atau bawah dengan memilih nilai yang berbeda untuk resistor 4K7 terhubung pada pin 6/7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar